Jumat, 28 September 2012

Scallop Cropped Top

Model scallop sekarang ini lagi trend banget. Mulai dari scallop pants, scallop skirt, scallop blazer sampai scallop top. Nah, kenapa nggak coba bikin atasan model scallop dari baju yang sudah tidak terpakai? Gampang kok! Kamu butuh:
1. Kaos yang udah nggak terpakai atau kalo kamu memang niat, beli kaos polos untuk digunting-gunting
2. Meteran pakaian
3. Pensil
4. Penggaris
5. Gunting jahit   Cara membuat: 






Untuk membuat crop tee, tentu saja kaosnya harus pendek. Ukur kaos yang kamu inginkan dari bahu ke bawah menggunakan meteran pakaian.   







Lalu bikin garis secara horizontal memakai pensil (untuk menandai dan kemudian digunting pada tahap akhir).   











Kemudian tandai 2 cm di atas garis terakhir. Kalo tadi di step 1 kamu mau crop tee-nya sepanjang 50 cm, berarti buat 2cm di atas garis tersebut/ 48 cm dari bahu). 2 cm ini gunanya untuk membuat model “scallop” menjadi lebih rapi.   










Ukur lebar baju dari kiri ke kanan dan beri titik setiap 5 cm dari ujung kiri (agar gambar scallop-nya lebih rapi). Nah, mulailah gambar modelnya dengan pensil, dari paling kiri hingga paling kanan. Atau kalo mau lebih gampang, ambil gelas untuk membuat pola scallop-nya.   









Setelah polanya rapi, tinggal gunting deh. Kalo aku sih gunting garis horizontal paling bawah dulu, supaya lebih mudah saat gunting lekukan-lekukan scallopnya.    

 







Kalo mau nambah variasi, misalnya bikin model scallop juga di lengannya? Caranya sama seperti step diatas. Tapi ingat ya, garisnya dibuat miring dari atas ke bawah, mengikuti pola lengan kaos sebelumnya. Maksudnya supaya saat dipake, lengan scallop kita bagian luarnya nggak lebih pendek daripada bagian dalamnya. Nah, setelah pola scallop di bagian lengan sudah selesai, tinggal gunting.   














Tidak ada komentar:

Posting Komentar